0816 484 1686
Mn-Fr: 9am - 4pm, St-Sn: 9am - 3pm
Manfaat Kayu Bekas Untuk Elemen Arsitektur

Tahukah Anda bahwa kayu merupakan salah satu jenis material yang dapat didaur ulang?. Kayu bekas atau sisa proses pembangunan, misalnya kayu bekas bekisting dak cor, bisa dimanfaatkan kembali menjadi material pelapis dinding atau plafon. Dengan teknik pemasangan yang kreatif, potongan kayu justru akan terlihat menarik.

Salah satu contoh aplikasi kayu bekas yang inspiratif tampak pada hunian dua lantai yang dirancang oleh arsitek Viko Trah Dewangga dari TDA. Ia memanfaatkan sisa kayu bekisting yang telah dipotong-potong menjadi material finishing pada sebagian dinding fasad dan pelapis atap carport.

Pada dinding fasad, potongan kayu sengaja dibuat maju mundur untuk menciptakan dimensi serta visual yang atraktif. Sedangkan pada atap carport, potongan kayu disusun secara vertikal namun dengan pola acak (random). Potongan kayu tersebut kemudian dilapisi oleh lembaran polycarbonat untuk melindungi area carport dari cahaya matahari ataupun hujan.

 

Beberapa jenis kayu bekas bekisting, seperti kaso atau papan merupakan kayu lunak, basah dan tidak tahan rayap. Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan kayu sebagai elemen finishing saja, bukan untuk meletakkan benda-benda berat. Kemudian pastikan Anda melapisi kayu dengan cairan anti rayap (coating) untuk melindungi kayu dari serangan rayap sekaligus menjaga kualitas kayu tersebut.

 

 

 

 

Foto : Tri Rizeki

Source: http://majalahasri.com

 

 

 

Your email address will not be published. Required fields are marked *